Tingkatkan Pemahaman Belajar Siswa Melalui Media Simulator “Phet Colorado”

PENDAHULUAN

Dalam rangka mendukung pemahaman siswa, berbagai cara dilakukan oleh guru baik cara konvensional sampai dengan menggunakan teknologi informasi yang dapat meunjang demi memperoleh capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Bentuk implementasinya adalah dengan menggunakan media simulator untuk mempermudah pemahaman siswa.  Mata pelajaran yang yang sifatnya praktikum akan lebih baik apabila didesain dalam bentuk simulasi yang berfungsi untuk melakukan uji coba tentang cara kerja pembuktian proses,  sehingga apabila melihat secara langsung biasanya siswa lebih mudah memahami sesuatu dibanding jika dijelaskan secara teoritis. Siswa akan cepat merasa jenuh dan efeknya dikawatirkan dapat menghasilkan penafsiran yang salah, dengan demikian, capaian pembelajaran tidak dapat diperoleh dengan maksimal. Trik yang bisa digunakan dalam rangka mempercepat daya tangkap siswa terhadap mata pelajaran adalah dengan cara mempraktekkan topik pelajaran menggunakan menggunaka bantuan aplikasi simulasi, harapanya dengan adanya simulasi dapat meningkatkan pemahaman. Simulasi secara visual dapat memberikan kontrikbusi yang sangat luar biasa dalam hal pemahaman pembelajaran yang sedang berlangsung, dengan demikian peningkatan dan akan menghasilkan kompetensi lulusan yang lebih baik.

Menurut  Prihatiningtyas,dkk  (2013:19), PhET adalah software simulasi interaktif yang berbasis research dan berlisensi gratis (free software). PhET digawangi oleh Carl Wieman sebagai pendiri di bawah Lembaga tinggi pendidikan yaitu Universitas Colorado. Berdasarkan situs resmi PhET http://phet.colorado.edu   tujuan   pembuatan software simulasi interaktif ini adalah “help students   visually    comprehend   concepts, ensure educational effectiveness and usability”.  Yang pertama adalah membantu peserta    didik    untuk   konsep  secara  utuh  dan  jelas,  kemudian menjamin   pendidikan   yang   efektif   serta kebergunaan yang berkelanjutan

 METODA

Metoda yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membaca buku-buku dan memanfaatkan literatur-literatur mengenai program media-media pembelajaran simulator dan sumber-sumber yang berhubungan yang didapatkan dari internet.

 HASIL DAN PEMBAHASAN

Phet Colorado merupakan Simulator yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam meningkat pemahaman terhadap ilmu Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika. Phet simulator sendiri memiliki kontribusi yang sangat luar bisa dalam rangka menunjang peningkatan capaian pembelajaran siswa. Simulator ini memiliki banyak fitur-fitur yang sangat luar biasa yang dapat dimanfaatkan dalam rangka mencapak kelancaran proses belajar mengajar, Adapun simulator yang disediakan pada Phet Colorado adalah sebagai berikut:

Simulator Fisika

Dalam simulator Fisika, tersedia banyak simulator-simluator yang dapat digunaka oleh siswa dalam rangka mencapai capaian pembelajaran seperti Gerak, Suara dan Golombang, Kerja Energi dan Daya, Panas dan Termo, Fenomena Kuntum, Cahaya dan Radiasi, Listrik Magnet & Rangkaian Listrik seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

 Gambar 1. Simulator Fisika

 

Simulator Kimia

Dalam simulator Kimia, tersedia banyak simulator-simluator yang dapat digunaka oleh siswa dalam rangka mencapai capaian pembelajaran seperti Kimia Umum dan Kimia Quantum seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 2. Simulator Kimia

 Simulator Matematika

Dalam simulator Matematika, tersedia banyak simulator-simluator yang dapat digunaka oleh siswa dalam rangka mencapai capaian pembelajaran seperti Matematika Konsep dan Matematika Aplikasi seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 3. Simulator Matematika

 Simulator Ilmu Kebumian

Dalam simulator Ilmu Kebumian, tersedia banyak simulator-simluator yang dapat digunaka oleh siswa dalam rangka mencapai capaian pembelajaran seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 4. Simulator Ilmu Kebumian

 Simulator Biologi

Dalam simulator Biologi, tersedia banyak simulator-simluator yang dapat digunaka oleh siswa dalam rangka mencapai capaian pembelajaran seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 5. Simulator Biologi

 KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas, dapat diambil suatu kesimpulan perihal pemanfaatan Simluator Phet Colorado dalam pembelajaran sebagai berikut:

  1. Segala sesuatu yang membutuhakan simulasi dalam pelajaran matematika, fisika, Biologi dan lain-lain dapat memanfaatkan Phet Colerado.
  2. Simulator dapat digunakan dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa
  3. Simulator dapat digunakan untuk melihat mempraktekkan materi pembelajaran yang dapat dilihat dalam bentuk demo sehingga membantu mempermudah pemahaman terhadap materi yang sedang diajarkan oleh guru.
  4. Simulator juga mudah digunakan dan direkomendasikan bagi guru dan siswa-siswi dimulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi untuk memanfatkannya di satuan pendidikan.

SARAN

Adapun saran terhadap pemanfaatan Simulator adalah sebagai berikut:

  1. Disarankan kepada siswa dan guru untuk menyediakan koneksi internet dengan kecepatan tinggi agar dapat berjalan dengan lancar.
  2. Disarankan untuk memanfaatkan Simulator dalam proses belajar mengajar sebagai tools pembantu
  3. Dibutuhkan pemahaman dan penguasaan dalam penggunaan Simulator yang telah disediakan
  4. Oleh karena simulator berbasis web, disarankan buat guru dan peserta didik selalu memiliki paket data yang cukup sehingga dapat digunakan dalam mengakses simulator Phet Colorado

TINJAUAN PUSTAKA

Prof. Dr. H.M. Rudi Sumi Harsono, M.M dan Hisbiyatul Hasanah, S.Ag., M.Pd. 2017. Media Pembelajaran. Jember-Jawa Timur, CV. Pustaka Abadi.

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Yuniar Ekawati, Abdul Haris, Hj.Dara Bunga Amin, Penerapan Media Simulasi menggunakan PhET (Physics Education and Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas x SMA Muhammadiyah Limbung, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 2015.

Carl Wieman, http://phet.colorado.edu/ , University of Colorado, Colorado,  United State of America.


Link Terkait:

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/penggunaan-phet-sebagai-media-interaktif-pembelajaran-daring-dan-luring/


 Penulis:

Roi Purba, S.T. || PTP Ahli Muda || BPMP Provinsi Sumatera Utara

Polls

Apakah Wilayah Kab./Kota Anda Siap Untuk Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka?

Loading ... Loading ...
Bantuan