Sosialisasi Perencanaan Berbasis Data

Senin, 29 Agustus 2022

Kemdikbudristek telah menetapkan Visi Pendidikan Indonesia  sebagai panduan dalam merumuskan kerja pendidikan. “Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.” demikian kata sambutan Kepala BPMP Provinsi Sumatera Utara yakni Bapak Drs.Irwan Safii,M.Pd membuka kegiatan Sosialisasi Perencanaan Berbasis Data yang dilaksanakan tanggal 29 Agustus 2022 di Aula Sisingamangaraja BPMP Provinsi Sumatera Utara. Ditambahkan Beliau bahwa episode-episode Merdeka Belajar dalam meningkatkan mutu pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia sudah diluncurkan. Kegiatan saat ini merupakan episode 19 tentang Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data dari 21 episode yang sudah ada sampai sekarang.  Rapor Pendidikan didasari oleh Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yang kemudian diturunkan menjadi, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan Oleh Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah.

Sebelumnya Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari  dengan 2 (dua) tahap yakni tahap I dilaksanakan tanggal 29 s.d. 31 Agustus 2022; tahap II dilaksanakan tanggal 01 s.d. 03 September 2022 dengan jumlah sasaran peserta dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan 33 kabupaten/kota. Peserta yang diundang dari berbagai unsur seperti :

  1. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  3. Kasubbag Program Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
  4. Operator Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
  5. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Provinsi/Kabupaten/Kota
  6. Bidang Urusan Pendidikan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota

Narasumber kegiatan ini adalah Kepala Dinas Provinsi, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Direktorat PPEID Bangda Kemendagri, Widyaprada BPMP dan Tim Konsultan BPMP Provinsi Sumatera Utara.

Adapun yang menjadi tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah:

  1. Memberikan pemahaman kepada stakeholder Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota tentang pemanfaatan Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data;
  2. Melakukan analisis data pada platform Rapor Pendidikan dan menyusun rencana program benahi berbasis data/akar masalah.

Pembiayaan kegiatan ini dibebankan kepada DIPA BPMP Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022.


Berita Oleh:

Urusan Publikasi, Kehumasan dan Layanan.


Galeri:

Polls

Apakah Wilayah Kab./Kota Anda Siap Untuk Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka?

Loading ... Loading ...
Bantuan