Seberapa Penting Hypermedia Pembelajaran Dapat Mendukung Pemahaman Siswa Tentang Present Tense?

ABSTRAK

Kesuksesan pembelaran tidak tertutup kemungkinan berpengaruh kepada media dan tujuan pembelajaran, dalam penelitian ini dilakukan analisis tentang seberapa perlu hypermedia dapat membantu pemahaman siswa. Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan hypermedia sangat dibutuhkan sekali dalam merangsang minat dan semangat belajar siswa. Penggunaan hypermedia ternyata dapat membantu mengalihkan perhatian siswa terhadap materi pembelajaran. Hal tersebut disebabkan penyampaian media pembelajaran interaktif dan menarik sehingga dapat mendukung peningkatan pemahaman siswa.

PENDAHULUAN

Hypermedia merupakan pengembangan dari hyperlink yang berarti terjadi hubungan antara link yang satu dengan yang lain dan terkonfigurasi menjadi satu kesatuan, sementara hypermedia dapat diartikan sebagai gabungan dari berbagai media seperti text, image, animasi, video, dan audio yang dikemas menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan satu sama lain dan dipresentasikan dengan bentuk yang sangat menarik serta memadukan penggunaan Teknologi Informasi dan software/aplikasi. Salah satu kunci keberhasilan dan ketersampaian materi pembelajaran kepda siswa adalah tidak terlepas dari media yang dipergunakan dan semanarik apa materi yang disampaikan. Apabila diruntut ke belakang, perkembangan teknologi informasi saat ini sangat berkembang dengan pesat, akibatnya teknologi merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan serta tidak dapat dipisahkan, Perkembagan teknologi terus bermunculan dan menyesuaikan kebutuhan pasar, sehingga mau tidak mau penggunaan teknologi menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi dan hampir mendekati kebutuhan primer.

Peranan teknologi saat ini merambah ke berbagai lini seperti ekonomi, keuangan, pertanian bahkan pada dunia pendidikan. Salah satu contoh penggunaan teknologi di dunia pendidikan adalah penggunaan media teknologi dalam proses penyampaian materi pembelajaran. Banyak sekali penggunaan teknologi dan media yang dilibatkan pada saat proses belajar mengajar, sebagai contoh penggunaan infokus, penggunaan animasi, suara bahkan rekaman video digunakan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Dari berbagai media yang telah disampaikan dan diuraikan tidak semata-mata cukup dan berhenti disitu saja, melainkan kemahiran dalam merangkai dan memadu-padukan berbagai media tersebut jadi satu-kesatuan hingga menghasilkan media yang sangat menarik dan interaktif dapat menjadi kunci utama dalam rangka membangkitkan minat dan respon peserta didik. Logikanya saja apabila materi pelajaran disampaikan secara monoton akan mengakibatkan timbulnya rasa bosan dan jenuh, ala hasil tujuan yang telah ditetapkan tidak dapat terlaksana dengan baik.

Dalam penelitian ini perlu dilakukan analisis tentang sejauh mana kontribusi penggunaaan hypermedia pembelajaran dalam membantu menunjang dan meningkatkan pengetahuan siswa dalam menerima dan menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga nantinya dapat diketahui apakah ada pengaruh penggunaan hypermedia interaktif atau tidak dalam meningkatkan hasil dan prestasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris tentang Present Tense.

METODE

Pendekatan dilakukan dengan cara melakukan survey melalui penyebaran instrumen secara daring melalui google form, sehingga melalui survey dapat mengentahui sejauh mana perlunya peranan hypermedia dalam pembelajaran. Hypermedia yang menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar bagi siswa, Populasi dan sampel pada kegiatan analisis kebutuhan media pembelajaran ini adalah guru dan siswa Sekolah serta  siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Medan. Untuk mengetahui sejauh mana pentingnya hypermedia pembelajaran tentan Present Tense pada siswa kelas VII SMP, dilaksanakan dengan mengumpulkan data melalui Instrumen dalam penelitian ini, adapun Instrumen yang digunakan sebagai tolak ukur dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Instrumen Guru

Instrumen guru diperuntukkan kepada guru yang mengajar pada pelajaran bahasa inggris, berikut ini merupakan instrumen yang ditujukan kepada guru:

 

INSTRUMEN KEBUTUHAN HYPERMEDIA PEMBELAJARAN

TENTANG PRESENT TENSE PELAJARAN BAHASA INGGRIS

PADA SISWA KELAS VII SMP

 

INSTRUMEN GURU

NAMA RESPONDEN           :

JABATAN                               :

MATA PELAJARAN             :

NAMA SEKOLAH                 :

ALAMAT SEKOLAH            :

Isilah instrumen sesuai dengan realita dan fakta yang dialami Bapak/Ibu Guru

   No.                                      Pertanyaan       1        2        3       4        5
    1. Sejauh mana Bapak dan Ibu Guru mampu menentukan pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan pada kompetensi dasar?
    2. Sejauh mana  Bapak/Ibu mampu menelaah materi-materi esensial dalam kompetensi dasar dalam Persamaan Kuadrat?
    3. Sejauhmana bapak dan ibu mampu menentukan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan pada kompetensi dasar “Present Tense”?
    4. Sejauh mana bapak dan ibu mampu memberikan cotoh nya dalam kehidupan sehari-hari tentang kompetensi dasar “Prsent Tense” ?
     5. Sejauh mana bapak dan ibu mampu membangkitkan mendorong semangat peserta didik agar mereka dpat menerapkan Present Tense dalam kehidupan sehari-hari secara mandiri?
    6. Selama Pembelajaran Jarak Jauh seperti sekarang ini, apakah Bapak/Ibu menggunakan media dalam  menyampaikan pembelajaran ?
    7. Jika “Ya”, selama Pembelajaran Jarak Jauh seperti saat ini, media apa yang Bapak/Ibu gunakan dalam menyampaikan pembelajaran?
    8. Menurut Bapak/Ibu seberapa Efektif penggunaan media yang digunakan saat ini?
    9. Bagaimana Respon Peserta didik terhadap media yang Bapak/Ibu gunakan dalam menyampaikan pembelajaran?

 Keterangan :

  1. Kurang Sekali
  2. Kurang
  3. Cukup
  4. Baik
  5. Baik Sekali

 

INSTRUMEN SISWA

 

INSTRUMEN KEBUTUHAN HYPERMEDIA PEMBELAJARAN

TENTANG PRESENT TENSE MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

PADA SISWA KELAS VII SMP

 

INSTRUMEN SISWA

NAMA SISWA                        :

KELAS                                     :

MATA PELAJARAN             :

NAMA SEKOLAH                 :

KOTA                                       :

mohon diisi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (tidak fiktif)

    No                                      Pertanyaan        Ya     Tidak          Keterangan
     1. Apakah disekolah adik-adik sudah menggunakan media dalam pembelajaran?
     2. Dalalam Masa Pandemi seperti saat ini, apakah adik-adik merasa terbantu dengan media yang dipergunakan oleh gurumu?
     3. Apakah adik-adik merasa sudah efektif dengan media yang disediakan oleh gurumu?
     4. Sebagai Ganti Pembelajaran Tatap muka yang tidak bisa dielakkan, pembelaran jarak jauh yang mempertemukan kita diberbagai tempat yang berbeda tanpa tatab muka langsung?
     5.  Apakah adik senang apabila pembelajaran disampaikan dengan media animasi, tutorial dan simulasi?
     6. Apakah adik-adik suka bila pelajaran itu disampaikan  dengan menggunakan Aplikasi seperti game, quiz online, dll?

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

A. Hasil

Berdasarkan hasil pengumpulan data melalui penyebaran instrument secara terbuka yang dilakukan dengan cara wawancara kepada guru Bahasa Inggris kelas 7 di SMP Negeri 2 Medan didapatkan hasil sebagai berikut:

Pemahaman Guru terhadap kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar digambarkan pada grafik di bawah ini:

Kemampuan Guru menelaah materi-materi esensial dalam Kompetensi Dasar:

Kemampuan Guru dalam menelaah Pengetahuan dan Keterampilan yang dituntut oleh Kompetensi Dasar:

Kemampuan guru dalam memberikan contoh kongkrit / factual dalam kehidupan sehari-hari

Kemampuan Guru dalam menguraikan materi-materi esensial yang terdapat pada Komptensi Dasar yang diharapkan:

Kemampuan media yang dipergunakan guru dapat mendorong semangat dalam menyampaikan pembelajaran.

Tingkat ke efektifan media yang dipergunakan guru selama pembelajaran berlangsung:

Dilain pihak berdasarkan hasil pengumpulan data melalui penyebaran instrument secara daring kepada sejumlah siswa secara tertutup bahwa penggunaan media dalam penyampaian materi Persamaan Kuadrat Kelas 9 dapat dilihat dalam gambar grafik di bawah ini:

Peserta didik sudah menggunakan media pembelajaran:

Tanggapan peserta didik terhadap kemampuan media pembelajaran yang dipergunakan guru dalam menyampaikan materi:

Tanggapan siswa terhadap penggunaan media interaktif dan animasi dalam pembelajaran:

Persentase menyontohkan dalam fakta dan kehidupan sehari-hari:

Keefektifan media yang dipergunakan oleh guru dalam menyampaikan pelajaran:

B. PEMBAHASAN

Berdasarkan hasil Analisis Kebutuhan Hypermedia Pembelajaran Persamaan Kuadrat Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 9 menggunakan Platform Android di SMP Negeri 2 Medan dapat disimpulkan bahwa:

  1. Pemahaman guru dalam mengetahui kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pembelajaran tergolong dalam kategori cukup (42,9%) sehingga diperlukan pemahaman yang lebih mendalam.
  2. Kemampuan guru dalam menelaah materi-materi esensial dalam pembelajaran digolongkan dalam kategori Cukup (57,1%) sehingga dibutuhkan peningkatan kompetensi dalam menelaah materi-materi esensial pembelajaran.
  3. Kemampuan guru dalam memberikan contoh kongkrit/factual dalam kehidupan sehari hari masuk dalam kategori Baik (71,4%) pertanda sangat baik jika dikombinasikan dengan hypermedia pembelajaran yang menarik.
  4. Kemampuan media yang dipergunakan guru untuk mendorong semangat peserta didik masuk dalam kategori Baik (42,9%).
  5. Tingkat keefektifan media yang dipergunakan guru selama pembelajaran langsung masuk dalam kategori Kurang (14,3%)
  6. siswa mengatakan bahwa 92% sudah menggunakan media dalam pembelajaran.
  7. siswa mengatakan bahwa 59,3% media yang digunakan saat pembelajaran belum mampu membantu tingkat pemahaman siswa.
  8. siswa mengatakan 88% penggunaan media interaktif dan animasi dalam pelajaran sangat diperlukan
  9. siswa mengatakan bahwa 59,3% media yang dipergunakan oleh guru kurang efektif digunakan sebagai alat bantu media pembelajaran
  10. Siswa mengatakan bahwa 73,3% media yang dipergunakan kurang efektif.

 

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

A. KESIMPULAN

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan Hypermedia Pembelajaran Present Tense pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 di SMP Negeri 2 Medan dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran yang selama ini dirasakan sangatlah jauh dari harapan, respon positif tidak tercapai dan minat belajar siswa semakin menurun, fakta yang terjadi siswa cendrung tidak peduli dengan system pembelajaran seperti saat ini, siswa cendrung lebih senang bermain dengan Android dan mereka disibukkan dengan social media, bermain game dan hal-hal negative yang dapat merusak generasi bangsa yang menyebabkan guru tak mampu berbuat apa-apa. Apabila hal seperti ini terus berlanjut seperti apakah nasip pendidikan dan generasi muda Indoensia kedepan, hal ini jangan sampai terjadi pada generasi muda bangsa Indonesia.

Oleh karna itu diperlukan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam dalam pembelajran agar semangat dan rasa ingin tau siswa dapat dimunculkan, dengan demikian tujuan pembelajaran dapat dicapai. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi Android yang sangat dekat dengan siswa sebagai media interaktif yang digunakan dalam merancang Hypermedia pembelajaran, hal ini dianggap sangat penting untuk dilaksanakan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai serta membangkitkan rasa peduli dan keingintahuan siwa terhadap mata pelajaran.

 

B. REKOMENDASI

Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat dirumuskan rekomendasi untuk mendukung terlaksanakan proses belajar mengajar melalui jarak jauh sehingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan Kurikulum Darurat seperti saat ini. Adapun rekomendasi yang ditujukan kepada Sekolah SMP Negeri 2 Medan adalah sebagai berikut:

  1. Guru harus mampu mengekstrak hal-hal esesial yang tercantum dalam Kompetensi Dasar serta dapat memahami kompensi dan keterampilan dalam tujuan pembelajaran.
  2. Disarankan kepada guru agar dapat mengkolaborasikan penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi dalam bentuk kreasi yang sangat menarik, sehingga dengan demikian rasa peduli dan respon kepada pelajaran yang disampaikan akan tercipta secara otomatis.
  3. Dibutuhkan Hypermedia pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kompetensi serta ketrampilan yang telah ditentukan.
  4. Perlunya pelatihan kepada guru-guru dalam hal keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran interaktif.
  5. Media pembelajaran yang digunakan saat ini masih kurang mampu membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
  6. Perlunya media pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas dan pembahaman siswa terhap materi pelajaran

 

KAJIAN PUSTAKA

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

A.Pribadi, Benny. 2016. Model      Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat

Kozma, R. B., & Russell, J. 2004. Multimedia Learning of Chemistry. Dalam R. E. Mayer. Cambridge  Handbook  of  Multimedia  Learning,  (online),

Hidayatullah, Priyatno. 2011. Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung : Informatika

Nana Sudjana     dan  Ahmad  Rivai. 1991.        Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.

Paul Suparno.2001.Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.Yogyakarta : Kanisius.

 

LINK TERKAIT

https://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-hypermedia.html, diakses 10 Januari 2021

http://chemsense.org/abaout/papres/KozmaRussellMultimedia2004.pdf, diakses 3 Januari 2021

Katz Victor J.2004. History Of Mathematic.  Diakses di   https://www.google.com/search?   q=   Victor+J+Katz%2C+2004&ie   =utf-8&oe=utf-8 pada tanggal 12 Januari 2021 pukul 17.00 WIB.

 

PENULIS:

Roi Purba, S.T. || Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda LPMP Prov. Sumut

Polls

Apakah Wilayah Kab./Kota Anda Siap Untuk Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka?

Loading ... Loading ...
Bantuan