Pemanfaatan Google Workspace For Education Pada Masa Pandemi COVID-19

Pendahuluan

Sejak ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo melalui keputusan Nomor 12 Tahun 2020 tentang penetapan bencana non alam penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional, sangat mempengaruhi sektor pendidikan di Indonesia dan mengalami perubahan 180 derajat. Pelaksanaan pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara tatap muka mau tidak mau harus dirubah dengan pembelajaran secara daring, pembelajaran tatap muka tidak memungkinkan untuk dilaksanakan karena hal tersebut dikhawatirkan akan mempercepat penularan virus corona. Berbagai cara dilakukan sekolah dan dunia pendidikan demi terlaksananya pendidikan jarak jauh. Salah satu media yang sangat populer digunakan adalah Aplikasi WhatsApp, aplikasi inilah yang dipergunakan dalam berkomunikasi dalam rangka melaksanakan proses belajar mengajar secara daring, namun berdasarkan pengamatan yang selama ini terjadi penggunaan media WhatsApp dianggap kurang efektif oleh orang tua maupun tenaga pendidikan di sekolah, keterbatasan kemampuan aplikasi ini sehingga banyak tenaga pendidik memberikan materi pelajaran dalam bentuk tugas-tugas kemudian mengirimkan tugas tersebut melalui Aplikasi WhatsApp, hal ini dianggap kurang efektif pengiriman tugas kepada siswa justru mengakibatkan bertambahnya beban orang tua dalam mendidik anak-anaknya serta yang secara otomatis menggantikan peranan guru dirumah,  pembelajaran seperti ini juga dapat mengalami penurunan semangat belajar siswa karena banyaknya tugas-tugas yang harus dikerjakan dan mengakibatkan siswa malas untuk belajar. Apabila keadaan seperti ini terus menerus berlanjut, maka dapat dipastikan bahwa tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik.

Peranan Teknologi yang tepat guna yang dapat menghubungkan guru dan siswa sehingga dapat  berkomunikasi serta tatap muka secara langsung walaupun di berbagai tempat yang berbeda-beda, sangat dibutuhkan tanpa harus melaksanakan pembelajaran dengan tatap muka secara langsung sangat dibutuhkan sekali demi tercapainya tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran. untuk meminimalisir kesenjangan tersebut dianggap sangat perlu dalam memanfaatkan media dan teknologi pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan pada masa pandemi,  teknologi ataupun media pembelajaran yang digunakan mampu dan memiliki keunggulan seperti memiliki kelas maya, absen online, pelaksanaan pembelajaran dengan video streaming/tatap muka secara daring, dapat menilai tugas siswa secara langsung, tersedianya fasilitas yang dapat membantu siswa dan pendidik dalam hal mengupload dan download materi dan tugas  pelajaran, tersedianya fasilitas forum diskusi sehingga interaksi antara pendidik dan peserta didik dapat terlaksana dengan baik dan juga komunikasi dapat berjalan dengan lancar, sehingga dengan demikian dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran.

Keseluruhan kesenjangan-kesenjangan yang telah diuraikan di atas dapat diatasi dengan menggunakan fasilitas dari Google Workspace For Education yang memiliki sejuta manfaat yang dapat dipergunakan serta diterapkan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia.

Pembahasan

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Google Workspace For Education, Google Workspace For Education? merupakan media dan teknologi pembelajaran yang disediakan secara gratis oleh google dengan memanfaatkan akun belajar.id teknologi dapat kita gunakan secara bebas dengan terlebih dahulu mengunduh akun belajar.id yang melalui aplikasi dapodik sekolah. sebenarnya media pembelajaran ini merupakan media yang harus berbayar namun berkat kerjasama antara google indonesia dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan seluruh aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis hanya dengan menggunakan akun belajar.id.

  1. Kelebihan menggunakan akun belajar.id?

2. Perbedaan akun belajar.id dengan akun gmail pribadi

 

 

 

 

Sejuta manfaat yang dapat kita nikmati dan manfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan Google Workspace For Education, adapun fasilitas yang dapat kita manfaat dalam dunia pendidikan di sekolah adalah sebagai berikut:

  1. Google Classroom (Kelas Maya), berikut ini beberapa hal yang dapat dimanfaatkan seperti:

A. Membuat Class

B. Membuat Materi di Kelas

C. Membuat Penugasan di kelas

 

 

 

 

 

  1. Google Dokumen, berikut ini beberapa hal yang dapat dimanfaatkan seperti:

A. Membuat Dokumen

 

B. Mencetak File

 

 

C. Mengirim File dengan Link

 

  1. Membuat Presentasi dengan Google Slide

 

 

  1. Mengirim dan menerima email dengan menggunakan akun belajar.id

 

 

 

 

  1. Membuat group dengan Google Group

 

 

 

 

 

 

  1. berkomunikasi dengan Google Chat

 

 

 

 

 

 

 

  1. Melakukan Video Call/conference dengan Google Meet

 

 

 

 

 

 

 

  1. Membuat Formulir dan Kuis Online dengan menggunakan Google Form

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Membuat Spreadsheet dengan menggunakan Google Sheet

 

 

 

 

 

 

  1. Mengelola File dan akun belajar.id di Google Drive

A. Mengakses file akun belajar.id

B. Membuat Folder

 

 

C. Mengupload Folder Pribadi ke akun belajar.id

D. Mengupload File Pribadi ke akun belajar.id

 

 

 

E. Download File Pribadi ke akun belajar.id

 

Kesimpulan

Dari beberapa keterangan dan penjelasan sebelumnya dapat kita simpulkan bahwa kehadiran Aplikasi-aplikasi yang dimiliki oleh Google Workspace for Education memiliki banyak manfaat yang dapat diterapkan terutama pada saat masa pandemi saat ini, pada proses pembelajaran di sekolah dan juga dapat dimanfaatkan dalam membantu menyelesaikan  pekerjaan kantor. Dari penjelasan yang begitu kompleks sehingga dapat disimpulkan :

  1. Penggunaan Google Workspace For Education sangat dapat membantu pelaksanaan pembelajaran, pemberian tugas, forum komunikasi antara guru dan siswa melalui Google Class Room sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. Google Workspace For Education dapat mempertemukan siswa dan guru dalam satu wadah secara online walaupun berbeda tempat dan waktu hal tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet.
  3. Google Dokumen memberikan kemudahan dalam mengelola dan menangani dokumen serta surat menyurat di sekolah maupun  di kantor.
  4. Dokumen dan data pribadi maupun yang lainnya dapat dikelola dan disimpan dengan menggunakan Google Drive tanpa pembatasan ukuran file dan kenyamanan dipastikan aman.
  5. Google Workspace For Education sangat cocok dan sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan di sekolah karena aplikasi ini dapat berfungsi secara maksimal walaupun pada masa pandemi covid-19.
  6. Google Workspace For Education mampu menjadi media yang dapat menjembatani antara guru dan siswa untuk bertemu tanpa tatap muka langsung, tetap bisa berkomunikasi sehingga penyebaran virus covid-19 dapat diredam.

Referensi

  1. Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
  2. Dr. Mustaji, M.Pd. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya, Unesa University Press
  3. https://covid19.go.id/p/regulasi/keputusan-presiden-republik-indonesia-nomor-12-tahun-2020
  4. https://belajardimanasaja.refoindonesia.com/30-hari-pertama-akun-belajar-id#h.wjmz202ftxog

Penulis :

Roi Purba, S.T. || Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda LPMP Prov. Sumut

Polls

Apakah Wilayah Kab./Kota Anda Siap Untuk Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka?

Loading ... Loading ...
Bantuan