Membangun Komunikasi Canggih Dengan Memanfaatkan Google Chat

Pendahuluan

Komunikasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Selaku mahluk sosial, manusia membutuhkan interakasi antara sesama manusia baik itu lingkungan keluarga, masyarakat, bernegara, dan dunia global. Menurut Everett M Rogers dan Kincaid dalam bukunya (1981) mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan petukaran informasi antar satu sama lian, yang pada gilirannya tejadi pengertian yang sangat mendalam. Berangkat dari defenisi tersebut bahwa semua kalangan membutuhkan komunikasi termasuk juga dalam dunia pendidikan, tanpa adanya komunikasi atara pendidik dan peserta didik, sudah dapat dipastikan tujuan pembelajaran tidak akan dapat tercapai dengan baik. Pada masa penerapan pembelajaran tatap muka terbatas di era kenormalan baru saat ini, sangatlah membutuhkan komunikasi yang baik demi tersampainya informasi penting yang harus diketahui oleh peserta didik. komunikasi juga merupakan ujung tombak keberhasilan maksud dan tujuan yang akan kita sampaikan kepada lawan bicara. Untuk melakuan komunikasi antara pendidik dan peserta didik bisa dilakukan degnan cara tatap muka/face to face serta melaui penggunaan media sebagai alat bantu komunikasi jarak jauh. Berkomunikasi dengan menggunakan media sudah tentu membutuhkan alat bantu demi terlaksananya keberhasilan komunikasi. Banyak sekali media yang dapat kita gunakan sebagai alat bantu dalam berkomunikasi seperti komunikasi dengan menggunakan telepon gengam, komunikasi menggunakan email, android, menggunakan media sosial dan lain-lain. Sehubungan dengan hal tesebut di atas, penulisan akan membahas secara mendetail mengenai komunikasi menggunakan email dengan menggunakan aplikasi Google Chat sebagai alat bantu yang dapat menghubungkan antar pengguna email sehingga komunikasi terlaksana dengan baik.

METODA

Metoda yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membaca buku-buku literatur, serta memanfaatkan media internet sebagai sumber terkait yang berhubungan dengan materi-materi pada tulisan ini.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Google Chat merupakan aplikasi yang diproduksi oleh Google Corporation, dimana fungsinya adalah sebagai perantara antara pengirim dan penerima informasi atau dengan kata lain Google Chat dapat dipergunakan sebagai alat menerima dan menyampaikan pesan. Salah satu syarat untama agar dapat berkomunikasi menggunakan Google Chat adalah harus memiliki akun gmail pribadi maupun akn gmail belajar.id. Pada prinsipnya Google chat hampir sama fungsinya dengan aplikasi seperti Telegram, WhatsApp, QQ, We Chat dan lain-lain. Google Chat sangat banyak kegunaannya terutama dalam kondisi era kenormalan baru seperti saat ini yang membatasi kita untuk bergerak, tentunya sangat banyak membantu dalam menyampaikan hal-hal penting yang sangat berguna yang akan disampaikan kepada peserta didik,  tanpa harus bertatapan muka secara langsung hanya dengan menggunakan komunikasi melalui Google Chat. Aplikasi pesan/chat sangat banyak beredar dan popular, seperti cotoh penggunaan WhatsApp yang sangat akrab dan sangat sering dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi ini menggunakan nomor kontak hp sebagai alat penghubung yang antara satu sama lain sehingga pengirim dapat mengirimkan informasi serta penerima dapat menerima informasi dengan baik, penggunaan dan penyebaran nomor kontak hp dirasa sangat rentan karena kontak pribadi disebar luaskan secara bebas sehingga sudah pasti akan menemui hal-hal negative yang disebabkan oleh penyebaran tersebut. Sementara itu Google Chat tidak membutuhkan nomor kontak untuk terkoneksi antara pengguna yang satu dengan yang lainnya. Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dengan Google Chat seperti berkomunikasi lewat teks, berkirim file/foto, video dan juga bisa berkolaborasi antar sesama, serta menandai kontak yang terkoneksi dengan email. Walaupun tujuannya adalah sebagai alat untuk berkomunikasi namun Google Chat memiliki banyak keistimewaan, disebabkan karena Google Chat tidak membutuhkan nomor hp sehingga sangat aman dari berbagai kemungkinan yang terjadi seperti penipuan, penyadapan dan lain-lain. Selanjutnya di dalam Google Chat pesan yang sudah dihapus masih bisa dikembalikan seperti semula akan tetapi aplikasi lain yang sejenis tidak akan dapat melakukan hal seperti itu. Secara rinci dapat dijelaskan keistimewaan Google Chat dibanding dengan lainnya seperti:

Adapun yang menjadi kelebihan Google Chat dibanding aplikasi yang lainnya adalah tidak membutuhkan nomor kontak pribadi, bisa digunakan sebagi ruang kolaborasi seperti Integrasi file, Tugas/task, Google Meet dan Google Chat, kemudahan untuk mentrack ulang informasi (file, link, adanya chat bot) yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain. Google dimulai di cloud dan dijalankan di cloud, sehingga tidak mengejutkan bahwa Google memahami sepenuhnya konsekuensi keamanan dalam memberdayakan bisnis Anda di cloud. Karena Google dan layanan perusahaan dijalankan pada infrastruktur yang sama, sehingga mendapatkan manfaat dari perlindungan yang kami bangun dan gunakan setiap hari. Infrastruktur global Google yang kokoh, serta profesional keamanan khusus memberikan inovasi untuk memungkinkan Google tetap menjadi yang terdepan di industrinya serta menawarkan lingkungan yang sangat aman, andal, dan patuh.

Adapun Fitur dasar Google Chat dapat dilihat dalam bentuk tampilan Dekstop ataupun dalam tampilan hp/android. Berikut ini fitur yang dimiiki oleh google chat:

Dari tampilan di atas komunikasi dapat dilaukan dengan cara mengklik tombol tanda plus/tambah yang ada disebelah kiri pojok atas yang terdapat pada menu Chat, setelah diklik langkah selanjutnya pilih sub menu mulai percakapan baru, langkah selanjutnya adalah mengetikkan nama/email yang akan diajak untuk berkomunikasi dengan demikian komunikasi dapat dilakukan dengan baik. Langkah selanjutnya apabila ingin membuat bot/ruang baru yang digunakan sebagai ruang privat dapat dilakukan dengan cara mengklik tombol tambah/plus yang ada di menu Ruang. Jika ingin mencari kontak/nama/email dapat dilakukan dengan cara mengetikkan nama/email pada menu pencarian yang akan menampilkan pesan/pembicaraan yang telah dilakukan sebelumnya, sehingga histori chat dengan nama/email yang bersangkutan akan ditampilkan.

Untuk memulai komunikasi menggunakan Google Chat menggunakan Adroid dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Membuat chat baru, untuk membuat chat baru cukup dengan cara mengklik icon Chat, dan dilanjutkan dengan mengklik Chat Baru, langkah selanjutnya memilih nama/email yang ingin diajak berkomunikasi.
  2. Membuat Room baru, untuk membuat room baru dapat dilakuan dengan cara klik icon Ruang, dilanjutkan dengan mengklik Ruang Baru.
  3. Menandai orang tertentu, adapun cara yang dapat dilakukan untuk menandai orang-orang tertentu yang terdapat dalam kontak adalah dengan cara mengetikkan symbol ‘@’ diikuti dengan nama kontak.
  4. Membuat tread baru, untuk membuat tread baru cukup dengan cara mengklik Thread, dilanjutkan dengan menklik New Tread.
  5. Setting Notifikasi dari Google Chat Dekstop
  6. Mem-blok orang tertentu/room tertentu, langkah yang dapat dilakukan untuk memblok orang-orang tertentu adalah dengan cara mengklik titik tiga dari kontak yang akan diblok, kemudian klik blok. 

Format teks adalah format karakter atau symbol yang sering dipergunakan dalam berkomunikasi seperti emoji, cetak miring, tebal, cetak coret dan lain-lain. Adapun format text yang ada di Google Chat adalah sebagai berikut :

NO Format Text Perintah

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Emoji

Bold

Cetak Miring

Cetak Coret

Kode tulisan Satu Baris

Kode tulisan Multi Baris

:

*

_

~

‘’’

Google chat memungkinkan untuk melakukan sharing file yang terinteraksi dengan Google Dokumen, Spreadsheet, Slide dan lain-lain.

Merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Google Chat untuk dapat terhubung dengan aplikasi Giphy yang berfungsi untuk membuat team atau pun grup, Poly yang berfungsi untuk membuat polling, dan Disco yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari poling yang telah dibuat.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Dari berbagai keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa terwujudnya komunikasi dengan baik dengan menggunakan Google Chat dapat terlaksana apabila aplikasi ini dipergunaan sebaik mungkin dalam segala aspek kehidupan termasuk aspek dunia pendidikan. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki tingkat kenyamanan yang sangat tinggi hanya membutuhkan paket data/koneksi internet untuk dapat berkomunikasi dengan baik, aplikasi ini sangat membantu terutama seperti kondisi saat ini dalam masa kenormala maru serta pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas, sehingga peserta didik dapat menerima informasi tambahan yang diakibatkan oleh kurangnya alokasi waktu untuk belajar di sekolah.

SARAN

Melalui tulisan ini, penulis berharap kepada satuan pendidikan agar dapat memanfaatkan secara maksimal penggunaan aplikasi Google Chat yang sangat membantu dalam transfer pengetahuan antara pendidik dan peserta didik tanpa dibatasi waktu dan tempat untuk mengaksesnya. Pengunaan media ini sangat banyak membantu dalam hal efisiensi waktu, biaya, tenaga dan pikiran, maka oleh karena itu dipandang sangat perlu diterapkan dalam dunia pendidikan terutama kepada pendidik yang sangat membantu dalam menekan biaya dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik.

Referensi

  1. Everett M Rogers and D. Lawrence Kincaid. 1981. Communication Network: Toward a new Paradigm for Research. Free Press, University Of California.
  2. Google.com,  https://workspace.google.com/intl/id/products/chat/, tanggal diunduh 13 Oktober 2021.
  3. Google.com, https://workspace.google.com/intl/id/security/?secure-by-design_activeEl=data-centers, tanggal di unduh 15 Oktober 2021.
  4. Kompas.com, Pengertian komunikasi menurut para ahli, https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/05/120000469/komunikasi–pengertian-para-ahli-fungsi-tujuan-dan-jenis-jenisnya, tanggal unduh 10 Oktober 2021.

Penulis:

Roi Purba, S.T. || Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda LPMP Provinsi Sumatera Utara

Polls

Apakah Wilayah Kab./Kota Anda Siap Untuk Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka?

Loading ... Loading ...
Bantuan