Jadikan Jamboard Sebagai Media Dan Solusi Pembelajaran Daring

PENDAHULUAN

Pembalajaran jarak jauh sedang hangat dan marak diperbincangkan saat ini, tidak jarang ditemukan akibat kebiijakan tersebut memberikan respon pro dan kontra yang sangat luar biasa, sehingga berbagai kendala dan permasalahan yang timbul akibat pelaksanaan pendidikan jarak jauh bukan hanya menimbulkan permasalahan yang muncul dari internal sekolah, namun merambah ke eksternal sekolah, sebagai contoh orang tua peserta didik yang menentang kebijakan tersebut. Dengan ditetapkannya kebijakan pembelajaran daring mengakibatkan banyak sekali keluhan-keluhan baik yang sifatnya positif maupun negatif. Pada pembahasan kali ini akan mengangkat bagaimana solusi yang harus dilakukan dalam mengatasi permasalahan yang sedang terjadi. Realita dan fakta yang terjadi dilapangan berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran daring belum berhasil mencapai titik temu secara maksimal berdasarkan target yang telah ditetapkan, hal ini disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan media-media yang dipiih kurang tepat sehingga tidak bisa mencapai target. Kenapa demikian?, karena media yang digunakan seadanya saja dan belum mampu membantu mengatasi permasalah dalam dunia pendidikan saat ini. Hal tersebut sangat perlu dipikirkan bagaimana mencari solusinya, solusi yang diharapkan adalah dapat membantu tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tentunya permasalahan-permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik, jika pemilihan media yang pas dan sesuai dengan kebutuhan dipastikanterlaksana dengan baik, sehingga capaian pembelajaran akan dapat diperoleh, dan juga media yang dibutuhkan hendaknya dapat membantu mengatasi kendala-kendala di lapangan, sehingga capaian pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Banyak sekali media-media pembelajaran yang beredar dipasaran, akan tetapi penulis merasa layak dan sangat penting untuk menggunakan Jamboard dalam pelaksanaan pembelajaran daring yang dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif dan tidak pasif.

METODA

Adapun metoda yang digunakan dalam tulisan ini adalah dengan melakukan studi literatur yang bersumber dari buku-buku dan membaca materi-materi terkait pembelajaran jarak-jauh serta pencarian di mesin pencari google.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Jamboard merupakan papan tulis digital yang dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar secara daring, dimana Pembelajaran Daring serasa luring  yang disebabkan karena dapat berinteraksi secara realtime layaknya seperti fungsi papan tulis yang biasa dipergunakan pada saat pembelajaran tatap muka. Jambaord sendiri memiliki banyak keunggulan yang sangat luar biasa, agar fungsi Jamboard dapat dipergunakan secara maksimal, disarankan menggunakan akun email belajar.id.

Keunggulan JamBoard

Jam Board memiliki banyak keungulan seperti:

  1. Jamboard hadir dalam bentuk smart display, sehingga dengan mudah mengambil gambar dari penelusuran Google dengan cepat, menyimpan pekerjaan ke cloud secara otomatis, menggunakan fitur pengenalan bentuk dan tulisan tangan yang mudah dibaca, serta menggambar dengan stilus dan menghapus dengan jari – layaknya papan tulis biasa.
  2. Jamboard membuat pembelajaran dapat dilihat dan diakses oleh semua kolaborator selama sesi Jam. Selain itu, dapat mempresentasikan Jam secara real time melalui Meet dengan mudah, sehingga berbagi atau menjalin hubungan di dunia nyata akan terasa lebih mudah.
  3. Pengajar dapat melibatkan semua siswa dalam proses pembelajaran, baik berupa kerja sama di kelas tradisional, seminar grup, atau melalui pembelajaran jarak jauh. Aplikasi Jamboard untuk Androiddan iOS memudahkan siswa serta pengajar berkreasi bersama dari ponsel, tablet, atau Chromebook.

Fitur Jam Board

Ada banyak fitur-fitur yang sangat luar biasa pada Jam Board yang dapat mendukung proses pembelajaran daring, adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh JamBoard adalah sebagai berikut:

KSIMPULAN

Dari penjelasan yang telah diuraikan secara detail, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Jamboard memiliki keungulan yang sangat luar biasa dan dapat membantu dalam pembelajaran daring.
  2. Dengan Jamboard waktu dan tempat tidak menjadi kendala dalam pembelajaran secara daring.
  3. Keunggulan Jamboard dapat memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa secara langsung menjadi nilai tambah yang sangat luar biasa.
  4. Jamboard dapat mengatasi kesenjangan-kesenjangan yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran daring.

 

SARAN

Adapun saran yang dianggap perlu dalam pemanfaatan Jamboard adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan Jamboard sangat disarankan menggunakan akun belajar.id untuk memperoleh fungsi yang sangat maksimal.
  2. Disarankan menggunakan Jamboard dalam proses pembelajaran secara daring, sehingga capaian pembelajaran dapat tercapai denga baik.
  3. Dibutuhkan keterampilan dan pengetahuan dalam memanfaatkan Jamboard, sehigga bimbingan dan arahan sangat diperlukan baik dengan membaca tutorial serta banyak mencari literatur dan video yang berkaitan dengan Jamboard, dengan demikian penggunaannya dapat terlaksana dengan baik.

TINJAUAN PUSTAKA

 Andi Muhammad Lutfi, dkk. 2020. Media Daring (Online) Solus Pembelajaran Jarak Jauh. Parepare-Sulawesi Selatan, IAIN Parepare Nusantara Press.

 Link Terkait:

https://edu.google.com/intl/ALL_id/products/jamboard/

https://support.google.com/jamboard/answer/7383648?hl=en


PENULIS:

Roi Purba, S.T. || Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda LPMP Provinsi Sumatera Utara

Polls

Apakah Wilayah Kab./Kota Anda Siap Untuk Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka?

Loading ... Loading ...
Bantuan