Ciptakan Pembelajaran Menarik dan Interaktif Menggunakan Nearpod

PENDAHULUAN

Pembelajaran daring merupakan salah satu cara terbaik yang diterapkan pada masa pembelajaran tatap muka terbatas, keterbatasan waktu yang disediakan dalam proses pembelajaran akan mempengaruhi kualitas capaian pembelajaran yang disampaikan, sehingga perlu dikaji kembali hal-hal apa yang dapat dilakukan dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Banyak para praktisi pendidikan menggunakan media pembelajaran interaktif daring, sehinga apabila terjadi ketidak cukupan waktu maka solusi satu satunya adalah dengan memperkaya materi pembelajaran yang dikemas dalam bentuk media pembelajaran yang berfungsi menunjang dan memperkaya ilmu pengetahuan terhadap materi yang sedang dipelajari. Dengan demikian materi yang berkaitan dengan pendukung pencapaian pembelajaran dapat diakses oleh siswa kapan dan dimana saja berada tanpa harus memikirkan keterbatasan waktu dalam mempelajarinya. Untuk menciptakan pembelajaran interaktif tentunya tidak tertutup kemunkinan harus memikirkan bagaimana mengemas konten pembelajaran secara menarik sehingga tidak menimbulkan rasa bosan pada saat mengakses dan mempelajari materi. Intinya suatu media pembelajaran menjadi faktor penentu dalam menunjang terciptanya dan didapatkanya capaian pembelajaran, salah satu contoh yang dapat digunakan untuk mendisain media pembelajaran interaktif adalah Nearpod yang dapat dijadikan sebagai solusi dalam pembelajaran tatap muka terbatas.

METODA

Metoda yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membaca buku-buku dan memanfaatkan literatur-literatur mengenai program media-media pembelajaran interaktif dan sumber-sumber yang berhubungan yang didapatkan dari internet.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Nearpod adalah aplikasi pembuatan media interaktif berbasis web yang dapat diterapkan dalam pembelajaran baik secara daring maupun luring, aplikasi ini menyediakan banyak fasilitas-fasilitas yang sangat menarik, sehingga materi pembelajaran dapat dikemas dalam bentuk yang lebih menarik dan kelihatan lebih Profesional, aplikasi ini juga memberikan kemudahan kepada Bapak/Ibu guru dan memberikan banyak fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan demi menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Tampilan Menu Nearpod

Berikut ini merupakan tampilan menu yang bisa yang terdapat di aplikasi Nearpod, adapun menu tersebut adalah sebagai berikut:

Join a lesson : berfungsi untuk memasukkan kode kelas
My Library : berisikan pembelajaran yang sudah dibuat serta dapat membuat Class Discussion, Gamifield Review Quiz dan lain-lain.
Report : berisikan hasil pekerjaan siswa, mengerjakan evaluasi pembelajaran yang dapat dilihat jumlah yang telah mengerjakan, dan menampilkan nilai serta dapat mendowload hasil kerjaan siswa
Nearpod Library : adalah pembelajaran yang disediakan oleh Nearpod yang dapat dipilih sesuai dengan mata pelajaran yang tersedia
Techer Resoruces : bagaimana menggunakan Nearpod, berisikan kalender yang sudah dijadwalkan
Create : menu untuk membuat media pembelajaran yang terdiri dari Combinasi Video dan aktifitas, videos berfungsi membuat media pembelajaran dalam bentuk video, Google Slide berfungsi membuat presenase media pembelajaran menggunakan google slide

Content dan Activities

Adapun konten yang dapat dipergunakan dalam merancang media pembelajaran adalah sebagai berikut:

Sedangkan aktifitas yang dapat diguakan dari aplikasi Nearpod adalah:

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas, dapat diambil suatu kesimpulan perihal pemanfaatan Nearpod dalam pembelajaran interaktif sebagai berikut:

  1. Aplikasi ini dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran
  2. Aplikasi ini tidak membutuhkan alat tambahan seperti Proyektor karena masing-masing siswa dapat melihat dengan menggunakan laptop yang dimiliki.
  3. Aplkasi ini dapat mengecek hasil pekerjaan siswa dan juga dapat melihat score dari hasil score secara langsung.
  4. Nearpod menyediakan menu, content, dan activities yang sangat komplit dan memiliki kelebihan yang sangat luar biasa.
  5. Aplikasi Nearpod sangat mudah digunakan dan dapat dibagikan kepada siswa melalui kode yang telah di berikan.
  6. Penggunaan aplikasi ini dapat membantu guru dalam mendisain media pembelajaran secara mudah dan lebih menarik.

SARAN

Adapun saran terhadap pemanfaatan aplikasi Nearpod adalah sebagai berikut:

  1. Disarankan kepada siswa dan guru untuk menyediakan koneksi internet dengan kecepatan tinggi agar dapat berjalan dengan lancar.
  2. Disarankan untk membeli fitur-fitur yang berbayar agar dapat dijadian menjadi media pembelajaran yang powerfull.

 

TINJAUAN PUSTAKA

Prof. Dr. H.M. Rudi Sumi Harsono, M.M dan Hisbiyatul Hasanah, S.Ag., M.Pd. 2017. Media Pembelajaran. Jember-Jawa Timur, CV. Pustaka Abadi.

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

 

Link Terkait:

https://jejakdosen.com/aplikasi-berbagi-persentasi-nearpod-untuk-mengajar-dosen/

https://www.ahzaa.net/2020/08/cara-mudah-menerapkan-pembelajaran.html


Roi Purba, S.T. || Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda BPMP Provinsi Sumatera Utara

Polls

Apakah Wilayah Kab./Kota Anda Siap Untuk Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka?

Loading ... Loading ...
Bantuan