Pembelajaran Jarak jauh atau disingkat dengan PJJ merupakan Proses pembelajaran yang dimana peserta didik terpisah dari pengajarnya dan menggunakan berbagai sumber belajar melalui penerapan prinsip-prinsip teknologi pembelajaran Proses pembelajaran yang dimana peserta didik terpisah dari pengajarnya dan menggunakan berbagai sumber belajar melalui penerapan prinsip-prinsip teknologi pembelajaran ujar Kepala LPMP Sumatera Utara, Afrizal Sihotang, ST, M.Si, dalam Webinar Pembelajaran Jarak Jauh Daring dan Luring Jenjang SMP yang dilaksanakan di LPMP Sumatera Utara pada hari selasa (30/06).

Tujuan PJJ saat ini dikarenakan Pandemi COVID 19 mengharuskan kita untuk Belajar dari Rumah melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan atau luar jaringan lanjutnya.

Ada dua metode PJJ, yang pertama “Pembelajaran dapat menggunakan gawai (gadget) maupun laptop melalui berbagai portal dan aplikasi pembelajaran daraing, diantaranya Rumah Belajar oleh Pusdatin Kemendikbud, Pembelajaran Digital, Suara Edukasi Kemendikbud, Buku Sekolah Elektronik dll”.

kedua “Pembelajaran dapat dilaksanakan melalui: a.Televisi – Program Belajar dari Rumah di TVRI; b.Radio; c.Modul belajar mandiri; d.Bahan ajar cetak; e.Alat peraga dan media belajar dari lingkungan sekitar”.

Afrizal juga menyampaikan 7 tips PJJ Mendikbud :

  1. Jangan stres
  2. Mencoba membagi kelas menjadi kelompok yang lebih kecil
  3. Mencoba Project-based Learning
  4. Alokasikan lebih banyak waktu bagi yang tertinggal
  5. Fokus kepada yang terpenting
  6. Sering “nyontek” antar guru
  7. Have fun

Tips keenam, sering “nyontek” antara guru. Cuma setengah bercanda. Nyontek antara murid tidak boleh, tidak bisa dilakukan, itu tidak bisa diterima. Tetapi guru harus sering-sering “nyontek” dengan guru lain. Ada banyak sekali guru berinovasi dengan metode belajar online. Sama seperti murid, ada guru yang lebih cepat, ada yang lebih lambat beradaptasi dengan teknologi. Jangan ragu-ragu untuk meminta pertolongan dari guru lain. Jangan ragu-ragu meminta contoh-contoh best practice dari guru-guru yang lain,”  ujarnya.

Webinar ini menghadirkan narasumber Dermalince Sitinjak, S.P.d,M.Pd (Widya Iswara LPMP Sumatera Utara), menyampaikan materi Peningkatan Kualitas Belajar Daring Melalui Panduan Kegiatan Belajar Guru di Masa Pandemi Covid-19″, Point point Panduan Belajar kegiatan Guru : 1. Membuat Jadwal Pembelajaran. 2. Menyiapkan buku pembelajaran, misal buku Matematika kelas VII SMP. 3. Menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk video kreatif tayangan video pembelajaran. 4. membuat lembar kerja siswa. 5. Membuat tugas pembelajaran. 6. membuat soal ujian.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Drs. Iriyanto Siregar, M.Pd (Widya Iswara LPMP Sumatera Utara), “6 kunci pembelajaran aktif dan efektif di rumah” : Membuat Rencana Belajar, Menyeleksi alat, bahan dan sumber belajar, Belajar melalui Daring/Luring, Melaksanakan Pembelajaran, Mengecek Kualitas Belajar dan yang terakhir Merangkum Hasil Belajar ujar Iriyanto.

Dan materi yang terakhir disampaikan Sumitro Paulinus S, S.Pd (Duta Rumah Belajar Nasional Provinsi Sumatera Utara) menyampaikan materi tentang “Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Dalam PJJ Jenjang SMP”, Dalam pemaparannya, Sumitro menjelaskan “Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0. Dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara GRATIS” .